Informasi yang kamu cari

Senin, 09 Februari 2015

Jati atau Jamur?

Apakah kita seperti jati atau jamur? Konsisten atau musiman?
.
Ada dua jenis tanaman yang sangat berbeda hakekatnya: Pohon jati, dan jamur di musim hujan. Lihatlah pohon jati, kita bahkan tidak bisa melihat ada yang berubah setelah beberapa minggu mengamatinya, hanya tumbuh satu ruas bahkan sejak satu bulan terakhir kita melihatnya. Itu benar, karena butuh puluhan dan bahkan bisa lebih dari seratus tahun untuk menjadi sebuah pohon jati yang sangat besar dan kokoh tak tergoyahkan.
.
Sementara lihatlah tumbuhan jamur yang tumbuh di awal musim hujan… Mungkin kemarin kita tidak melihat apa-apa, dan tiba-tiba awal pagi hari berikutnya kita melihat jamur bertebaran di sekitar kebun rumah kita yang lembab dan basah. Hanya butuh satu malam bagi jamur untuk tumbuh, dan beberapa hari saja untuk bertahan hidup. Hari ini ada, besok tiada…
.
Ada dua jenis manusia: Ada yang seperti jamur, sebentar begitu bersemangat, berkobar-kobar, penuh tawa dan sukacita ketika menerima hal-hal yang menyenangkan dalam hidupnya; tetapi ketika tiba-tiba sedikit kerikil menghambat langkahnya dan membuatnya terjatuh, lalu seluruh hidupnya menjadi layu secepat jamur lenyap dari permukaan tanah… Hilang segala sukacitanya; alih-alih masih bisa bersyukur atas segala yang baik yang diterimanya; malah penuh keluh kesah, caci-maki, dan kutukan atas hidup dan kemalangannya.
.
Ada orang yang seteguh pohon jati. Tidak terlalu banyak hal yang spektakuler, tapi hidupnya bersahaja. terus maju dan berkembang perlahan tapi pasti, melewati hari-harinya dengan tabah dan setia. Ada yang bertahun-tahun dalam derita kekeringan batin, sendirian menanggung sakit dan kesukaran. Tetapi keyakinan dan keteguhan diri mereka menopang hidupnya begitu kuat, dan tahun-tahun perjuangan hidupnya mengagumkan bagi banyak orang yang menyaksikannya. Bukankah sewaktu orang akan memilih berteduh di bawah pohon jati, bukan di bawah pohon jamur?
.
Hidup itu sebuah proses yang butuh waktu. Pilihan kita,  mau menjadi seperti jamur atau pohon jati?

From IG Santribackpacker

Tidak ada komentar:

Posting Komentar